top of page

Pemenangnya Pejabat Sendiri! Kehebohan Barantin Gelar Sayembara Logo!


Foto: Tangkapan layar Instagram @/Barantan_RI


Jakarta, Hukumku - Badan Karantina Indonesia (Barantin) baru-baru ini mengadakan sayembara desain logo untuk lembaganya. Sayembara tersebut menawarkan hadiah uang tunai senilai Rp10 juta. Setelah melalui proses penilaian, juri memutuskan bahwa logo yang dibuat oleh Andi Yusmanto menjadi pemenang. Ternyata, Andi Yusmanto adalah seorang pejabat di Barantin yang menjabat sebagai Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno-Hatta Badan Karantina Pertanian Kementan.


Akun Instagram resmi @barantan_ri mengucapkan selamat kepada @andi_yusmanto sebagai pemenang #sayembaralogo #karantinaindonesia. Pengumuman ini memicu beragam komentar dari warganet. Banyak yang mempertanyakan mengapa pemenangnya adalah seseorang dari internal instansi tersebut.


Selain itu, logo yang terpilih juga menjadi sorotan karena dianggap tidak pantas sebagai pemenang. Oleh karena itu, banyak warganet mempertanyakan alasan pemilihan logo tersebut. Namun, Plt Sekretaris Utama Barantin, Wisnu Haryana, menjelaskan bahwa sayembara tersebut bertujuan untuk mengumpulkan masukan dari masyarakat, termasuk dari pihak internal, sebagai bentuk partisipasi menyambut berdirinya Barantin.

Wisnu mengatakan bahwa mereka menerima 439 karya desain logo dan memastikan bahwa pemilihan dilakukan secara adil dan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan. Meskipun pemenangnya adalah orang internal, seleksi dilakukan dengan adil dan sesuai prosedur.


Setelah dua minggu proses seleksi, Barantin akhirnya memilih logo yang dibuat oleh Andi Yusmanto dengan beberapa pertimbangan. Logo tersebut dapat dengan praktis dan sederhana mencerminkan Barantin dalam berbagai ukuran cetakan. Logo ini juga dipilih melalui voting internal.


Selain itu, logo karya Andi Yusmanto dinilai mampu menggambarkan identitas Indonesia dengan gambar garuda. Logo yang terpilih akan digunakan untuk komoditas pertanian dan perikanan yang diekspor ke pasar global sebagai persyaratan kesehatan dan keamanan.


Wisnu menekankan, "Dari jauh, kita sudah bisa melihat gambar Garuda-nya. Ini dengan jelas adalah milik Indonesia."


__

Jangan lupa follow IG kami di hukumku.official!

3 commenti


herdi
herdi
14 nov 2023

dan terjadi lagi....

Mi piace

jessica winarto
jessica winarto
16 ott 2023

Harusnya mah org dalem ga usah ikut ikutan sayembara begini. Jadi kalo emang menurut penilai karya orang dalem punya yg bagus, ga jd dicurigai. Kan biasanya sayembara ngelibatin orang luar kalo dari dalem udah ga ada input menarik atau tidak ada yg mau berpartisipasi ga si? Kalo ordal mau partisipasi mah ga usah sayembara hehehe

Mi piace

gitu doang menang iya..ngak kreatif juga yg design..

Mi piace
bottom of page