top of page
Syarat dan Ketentuan Penggunaan Hukumku Bagi Penyedia Layanan
Terakhir Diperbarui:
23 Februari 2024 05.48.09

MOHON UNTUK MEMBACA SELURUH SYARAT DAN KETENTUAN PENGGUNAAN HUKUMKU BAGI PENYEDIA LAYANAN DENGAN SADAR, CERMAT DAN SEKSAMA SEBELUM MENGGUNAKAN SETIAP FITUR DAN/ATAU LAYANAN YANG TERSEDIA DALAM PLATFORM HUKUMKU. SEGALA SESUATU BENTUK KERUGIAN SECARA MATERIL DAN IMATERIL YANG DIAKIBATKAN OLEH KELALAIAN PENYEDIA LAYANAN DIKARENAKAN TIDAK CERMAT DAN SEKSAMA DALAM MEMBACA SYARAT DAN KETENTUAN INI, BUKAN MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB DARI HUKUMKU.


Berikut adalah Syarat dan Ketentuan Penggunaan Platform Hukumku bagi Penyedia Layanan (dan untuk selanjutnya disebut "Syarat dan Ketentuan") berisi tentang seluruh peraturan dan ketentuan yang secara otomatis mengikat ketika Anda melakukan kunjungan, mengunduh, memasang, menggunakan Platform Hukumku dan/atau menikmati semua fitur dan fasilitas yang disediakan pada Platform Hukumku. Silakan membaca dengan seksama seluruh konten Syarat dan Ketentuan untuk dapat memahami batasan hak dan kewajiban Anda sebagai Penyedia Layanan Platform Hukumku. Apabila Anda tidak setuju dengan konten Syarat dan Ketentuan ini, Anda dapat berhenti mengakses Platform Hukumku.


Syarat dan Ketentuan ini dapat dierbaharui dari waktu ke waktu. Pembaruan tersebut akan berlaku setelah Hukumku tampilkan pada Platform Hukumku dan ditampilkan secara visual pada halaman awal platfrom Hukumku. Setiap adanya perubahan Syarat dan Ketentuan yang berlaku dan kemudian Anda melakukan setiap tindakan pada platform Hukumku, maka Anda telah dianggap membaca dan memahami seluruh isi perubahan Syarat dan Ketentuan yang berlaku.


Apabila Anda tidak setuju terhadap salah satu, sebagian, atau seluruh isi yang tertuang dalam Syarat dan Ketentuan ini, Anda dapat berhenti mengakses Platform Hukumku.



  1. DEFINISI


a. Hukumku adalah PT. Teknologi Legal Bersama, suatu perseroan terbatas yang didirikan berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, beralamat PT. Teknologi Legal Bersama.

b. Afiliasi merupakan (i) pihak pengendali dari PT. Teknologi Legal Bersama; (ii) Lawyer – Lawyer Perseorangan; atau (iii) Firma – Firma Hukum yang berada di bawah satu kendali PT. Teknologi Legal Bersama.

c. Layanan Hukumku terdiri dari Layanan Utama dan Layanan Khusus yang ditawarkan kepada Pengguna melalui Platform Hukumku yang dapat Hukumku tambahkan, ubah dan/atau perbaharui dari waktu ke waktu yang diatur pada Pasal 6 Syarat dan Ketentuan ini.

d. Layanan Utama terdiri dari fitur-fitur seperti Konsultasi dengan Lawyer, dan Buat Janji dengan Kantor Hukum/Lawyer/Offline, yang ditawarkan kepada Pengguna melalui Platform Hukumku yang dapat Hukumku tambahkan, ubah dan/atau perbaharui dari waktu ke waktu.

e. Layanan Khusus terdiri dari fitur-fitur seperti Pembuatan Draft Perjanjian Hukum, Pembuatan Review Perjanjian Hukum, Pembuatan Review Dokumen, Pembuatan Opini Hukum Tertulis, Pembuatan Draft Surat Kuasa/Surat Kuasa Khusus, Pembuatan Draft Perihal Seluruh Perizinan, Pembuatan Draft Surat perihal Kepentingan pada Instansi Pemerintah/Instansi Non – Pemerintah/Badan Peradilan Negara/Badan Peradilan Mandiri/Institusi – Institusi Penegak Hukum yang ditawarkan kepada Pengguna melalui Platform Hukumku yang dapat Hukumku tambahkan, ubah dan/atau perbaharui dari waktu ke waktu.

f. Platform Hukumku adalah sistem yang ada di halaman situs web, halaman situs web seluler, aplikasi seluler, dan aplikasi lain dengan alamat domain https://www.Hukumku.id/ yang dikelola oleh Hukumku.

g. Pengguna adalah setiap orang atau badan hukum yang menggunakan dan menikmati semua fitur dan fasilitas yang disediakan pada Platform Hukumku dan/atau Layanan Hukumku.

h. Penyedia Layanan atau Anda termasuk namun tidak terbatas pada Lawyer, Firma Hukum, dan/atau tenaga penunjang layanan hukum lainnya yang menyediakan layanan di Platform Hukumku.

i. Lawyer adalah Advokat yang sebagaimana dimaksud dalam Undang – Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat.

j. Catatan Lawyer adalah catatan hasil sesi percakapan dengan Penyedia Layanan dan saran- saran terkait dengan kondisi kebutuhan Pengguna.

k. Rekomendasi Hukum adalah rekomendasi yang berisi saran hukum atau penanganan hukum bagi Pengguna. Rekomendasi Hukum hanya bersifat rekomendasi atau saran.

l. Harga Layanan adalah tarif atas Layanan Hukumku yang tercantum pada Platform Hukumku yang akan ditanggung oleh Pengguna termasuk namun tidak terbatas pada Biaya Layanan, dan biaya-biaya lain yang ditetapkan Hukumku. Untuk menghindari keraguan, Harga Layanan yang tercantum pada Platform Hukumku sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (“PPN”).

m. Biaya Layanan adalah biaya atas penyediaan layanan yang akan diperoleh oleh Penyedia Layanan yang dalam hal ini ditetapkan oleh Hukumku dan/atau Penyedia Layanan dan ditanggung oleh Pengguna.



2. KETENTUAN UMUM


a. Platform Hukumku berfungsi sebagai sarana untuk menghubungkan Pengguna dan Penyedia Layanan sebagaimana yang ditentukan oleh Hukumku dari waktu ke waktu. Untuk menghindari keraguan, Hukumku adalah perusahaan teknologi, bukan perusahaan penyedia layanan jasa hukum, dan Hukumku tidak menyediakan layanan jasa hukum.

b. Pengguna memahami bahwa kerjasama antara Hukumku dan Penyedia Layanan bukan merupakan hubungan karyawan, akan tetapi hubungan kerja sama yang dijalin berdasarkan profesionalisme. Hukumku tidak mempekerjakan Penyedia Layanan dan Hukumku tidak bertanggung jawab atas tindakan, kecerobohan, kelalaian, dan/atau kelengahan Penyedia Layanan dalam memberikan Layanan Hukumku. Platform Hukumku merupakan layanan informasi dan komunikasi online yang disediakan oleh Hukumku.

c. Hukumku dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk menyediakan layanan pembayaran. Apabila terjadi kegagalan pada sistem pembayaran, Hukumku akan berupaya semaksimal mungkin dalam membantu Anda untuk menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Selanjutnya, Anda memahami bawah penyedia jasa perbankan yang dipilih oleh Pengguna dapat mengenakan biaya lain (apabila ada) kepada Pengguna atas penggunaan layanan yang diberikan.

d. Jika Anda menerima permintaan Jasa Layanan Hukum dari Pengguna, Platform Hukumku akan memberitahu Anda dan memberikan informasi mengenai Pengguna, termasuk nomor pesanan dan kemampuan bagi Anda untuk menghubungi Pengguna melalui telpon.

e. Setiap fitur dan/atau Layanan Hukumku yang tersedia pada Platform Hukumku dapat diperbarui atau diubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan Platform Hukumku.



3. KEBIJAKAN PRIVASI


a. Anda dapat menggunakan Platform Hukumku dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran yang disertai pemberian informasi data pribadi Anda, termasuk namun tidak terbatas pada nama lengkap, alamat email, nomor ponsel Anda, dan setiap informasi terkait pelayanan jasa hukum yang Anda dapat berikan serta dapat dipertanggungjawabkan secara hukum sebagaimana diminta dalam Platform Hukumku (untuk selanjutnya disebut “Data Pribadi”). Data Pribadi yang diproses akan dikumpulkan, disimpan, diolah, digunakan dan dibagikan oleh Hukumku dan/atau Penyedia Layanan untuk pemberian Layanan Hukumku dan untuk tujuan lain yang telah diatur dalam Kebijakan Privasi (untuk selanjutnya disebut “Kebijakan Privasi”), yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini dan dapat Hukumku perbarui dari waktu ke waktu. Anda sebagai Penyedia Layanan mengerti dan dengan membaca Syarat dan Ketentuan ini setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol ‘daftar’ saat pembuatan akun di Platform Hukumku atau tombol ‘masuk’ saat akan mengakses akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Hukumku sehingga keberlakuan Syarat dan Ketentuan ini dan Kebijakan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Platform Hukumku dan pemberian Layanan Hukumku oleh Anda.

b. Jika Anda menggunakan Platform Hukumku atas nama individu selain diri Anda sendiri, Anda menyatakan bahwa Anda diberi wewenang oleh individu tersebut untuk bertindak atas nama individu tersebut dan bahwa individu tersebut mengakui praktik dan kebijakan yang diuraikan dalam Kebijakan Privasi.

c. Anda tidak akan mengajukan tuntutan atau keberatan apapun terhadap keabsahan dari Syarat dan Ketentuan ini atau Kebijakan Privasi yang dibuat dalam bentuk elektronik.

d. Anda mengerti dan setuju bahwa Ketentuan Penggunaan untuk Penyedia Layanan ini merupakan perjanjian dalam bentuk elektronik dan tindakan Anda menekan tombol ‘daftar’ saat pembukaan akun atau tombol ‘masuk’ saat akan mengakses akun Anda merupakan persetujuan aktif Anda untuk mengikatkan diri dalam perjanjian dengan Hukumku sehingga keberlakuan Ketentuan Penggunaan ini dan Pemberitahuan Privasi adalah sah dan mengikat secara hukum dan terus berlaku sepanjang penggunaan Aplikasi Hukumku dan Pemberian Layanan Hukumku oleh Anda.



4. KETENTUAN PENGGUNAAN PLATFORM HUKUMKU BAGI PENYEDIA LAYANAN


a. Anda dapat mendaftarkan diri sebagai Penyedia Layanan Platform Hukumku, setelah memenuhi persyaratan umum berikut:

1) Anda adalah individu yang memiliki hak untuk melakukan tindakan hukum yang mengikat berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan bahwa Anda telah berusia minimal 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah dan tidak berada di bawah perwalian atau pengampuan;

2) Anda adalah seorang Lawyer yang memiliki hak untuk berpraktik memberikan jasa hukum dengan background organisasi Advokat yang telah diakui oleh Peraturan Perundang – Undangan Republik Indonesia;

3) Anda adalah badan hukum/badan usaha dengan kapasitas hukum sebagaimana yang telah disyaratkan oleh Hukumku dan aturan perundang – undangan yang berlaku di wilayah hukum yang sah. Jika Anda mendaftarkan atas nama suatu badan usaha, Anda juga menyatakan bahwa Anda berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum tersebut dan untuk mengadakan dan mengikatkan badan hukum/entitas tersebut pada Syarat dan Ketentuan;

4) Anda menyatakan bukan individu dan/atau badan hukum yang dilarang oleh hukum negara Republik Indonesia untuk menerima atau menggunakan Layanan Hukumku;

5) Anda menyatakan bahwa perjanjian dengan Hukumku, tidak melanggar ketentuan, perjanjian, hak dan kewajiban lainnya dengan suatu pihak ketiga;

6) Anda menyatakan bahwa semua informasi dan/atau dokumen yang Anda isi atau sampaikan kepada Hukumku adalah akurat, benar, lengkap, terkini, dan sesuai dengan yang sebenar – benarnya.

7) Hukumku memiliki hak untuk setiap saat melakukan pemeriksaan terkait kebenaran, keabsahan informasi atau dokumen yang diserahkan kepada Hukumku atau Platform Hukumku. Bilamana ditemukan penipuan atau ketidaksesuaian berdasarkan penilaian independen, Hukumku berhak mengakhiri, membatalkan, atau memblokir akses dan keanggotaan Anda pada Platform Hukumku maupun Layanan Hukumku.

b. Setelah mendaftarkan diri pada Platform Hukumku, Anda akan mendapatkan suatu akun pribadi sesuai dengan identitas akun dan kata sandi yang telah Anda buat. Anda wajib menjaga kerahasiaan kata sandi akun Anda atas akun atau Data Pribadi Anda.

c. Anda tidak diperkenankan untuk membahayakan, menyalahgunakan, mengubah atau memodifikasi Platform Hukumku dengan cara apa pun. Hukumku dapat menutup, membatalkan akun Anda dan/atau melarang Anda untuk menggunakan Platform Hukumku lebih lanjut jika Anda tidak mematuhi Syarat dan Ketentuan ini.

d. Anda akan menggunakan Platform Hukumku hanya untuk tujuan memberikan Layanan Hukumku, dan tidak akan menyalahgunakan atau menggunakan Platform Hukumku untuk aktivitas yang bertentangan dengan hukum dan peraturan perundang – undangan yang berlaku. Anda juga sepakat bahwa Anda tidak akan melakukan pemesanan palsu melalui Platform Hukumku dan tidak akan melakukan perbuatan melawan hukum melalui Platform Hukumku.

e. Anda mengetahui dan setuju bahwa setiap informasi dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada video, audio, gambar atau tulisan yang ada dalam Platform Hukumku memiliki hak atas kekayaan intelektual (termasuk namun tidak terbatas kepada hak atas merek dan hak cipta) masing-masing. Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan, mengubah, memfasilitasi, menyebarluaskan dan/atau memutilasi hak atas kekayaan intelektual tersebut tanpa izin dari pemilik hak atas kekayaan intelektual tersebut sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

f. Pada saat mengakses dan menggunakan Platform Hukumku termasuk setiap fitur dan layanannya, Anda tidak diperkenankan untuk:

1) mengalihkan akun Anda di Platform Hukumku kepada pihak lain tanpa persetujuan terlebih dahulu dari Hukumku;

2) menyebarkan virus, spam atau teknologi sejenis lainnya yang dapat merusak dan/atau merugikan Platform Hukumku dan pengguna Platform Hukumku lainnya;

3) memasukkan atau memindahkan fitur pada Platform Hukumku tanpa persetujuan dari Hukumku;

4) menempatkan informasi atau aplikasi lain yang melanggar hak kekayaan intelektual pihak lain di dalam Platform Hukumku;

5) mengambil atau mengumpulkan Data Pribadi dari pengguna Platform Hukumku lain, termasuk tetapi tidak terbatas pada alamat surel, tanpa persetujuan dari Pengguna terkait;

6) menggunakan Platform Hukumku untuk hal-hal yang dilarang berdasarkan hukum dan undang-undang yang berlaku; dan

7) menggunakan Platform Hukumku untuk mendistribusikan iklan atau materi lainnya.

g. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Harga Layanan yang Anda cantumkan pada Platform Hukumku harus mendapat persetujuan dari Platform Hukumku. Anda diharapkan untuk melakukan pemeriksaan terhadap Harga Layanan sebelum memberikan Layanan Hukumku terkait, apabila Anda sudah memberikan Layanan Hukumku tersebut, Anda secara otomatis setuju dengan Harga Layanan yang Anda cantumkan selama periode penggunaan Layanan Hukumku tersebut



5. AKUN PENGGUNA PENYEDIA LAYANAN HUKUMKU


a. Akun Hukumku Anda hanya dapat digunakan oleh Anda dan tidak bisa dialihkan kepada orang lain dan/atau pihak ketiga dengan keadaan dan/atau alasan apapun. Anda memiliki tanggung jawab atas setiap penggunaan akun Anda dalam Platform Hukumku. Hukumku berhak menolak untuk memfasilitasi pesanan jika Hukumku mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup sesuai dengan kebijakan internal Hukumku untuk menduga bahwa Anda telah mengalihkan atau membiarkan akun Anda digunakan oleh orang lain.

b. Hukumku dapat menghentikan dan/atau membatasi proses registrasi atau penggunaan Platform Hukumku yang dilakukan oleh Pengguna jika ditemukan pelanggaran atas Syarat dan Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.

c. Keamanan dan kerahasiaan akun Hukumku Anda, termasuk nama terdaftar, nomor telepon genggam terdaftar, serta kode verifikasi yang dihasilkan dan dikirim oleh sistem Hukumku sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi Anda. Semua kerugian dan risiko yang ada akibat kelalaian Anda menjaga keamanan dan kerahasiaan sebagaimana disebutkan ditanggung oleh Anda sendiri. Dalam hal demikian, Hukumku akan menganggap setiap penggunaan yang dilakukan melalui akun Anda sebagai pemberian layanan yang sah dari Anda.

d. Apabila Anda tidak memiliki kontrol atas akun Anda oleh sebab apa pun, maka Anda diharuskan untuk melaporkannya kepada Hukumku. Apabila terjadi penyalahgunaan akun Anda oleh pihak ketiga mana pun sebelum pelaporan terjadi, maka penggunaan akun pada periode tersebut akan menjadi tanggung jawab Anda sepenuhnya.

e. Hukumku tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang dapat timbul atas hal-hal terkait keamanan nomor ponsel terdaftar, termasuk namun tidak terbatas apabila nomor ponsel tersebut didaur ulang (recycle) oleh operator seluler.

f. Segera beritahukan Hukumku jika Anda mengetahui atau menduga bahwa akun Anda telah digunakan tanpa sepengetahuan dan persetujuan Anda. Hukumku akan melakukan tindakan yang Hukumku anggap perlu dan dapat Hukumku lakukan terhadap penggunaan tanpa persetujuan tersebut.



6. LAYANAN HUKUMKU


6.1 LAYANAN UTAMA


a. Fitur Konsultasi dengan Lawyer

Fitur Konsultasi dengan Lawyer memfasilitasi para Penyedia Layanan (Lawyer/Kantor Hukum) untuk berinteraksi dengan Pengguna melalui video call, voice call maupun chat yang dapat diakses melalui Platform Hukumku dengan ketentuan sebagai berikut:


1)Pengguna dapat menghubungi Penyedia Layanan ketika Penyedia Layanan berstatus online.

2) Pengguna dapat membatalkan Fitur Konsultasi dengan Lawyer yang sudah ditunjuk dengan Penyedia Layanan maksimum 60 (enam puluh) menit sebelum jadwal dimulai.

3) Penyedia Layanan dapat membatalkan Fitur Konsultasi dengan Lawyer maksimum 30 (tiga puluh) menit sebelum jadwal yang ditunjuk Pengguna.

4) Jika Pengguna tidak hadir pada jadwal yang sudah Pengguna tentukan, maka Pengguna menyetujui bahwa dana yang telah Pengguna bayarkan tidak dapat dikembalikan.

5) Jika Penyedia Layanan tidak hadir pada jadwal yang telah Pengguna tentukan dalam waktu maksimum 10 (sepuluh) menit setelah jadwal yang seharusnya maka Hukumku akan mengembalikan dana Pengguna, Penyedia Layanan juga sesuai dengan penilaian dari Platform Hukumku apabila tidak hadir sebagaimana waktu yang telah dijadwalkan dapat dikenakan potensi denda sebagai kompensasi kepada Platform Hukumku.

6) Hukumku akan mengirimkan pemberitahuan terkait janji jadwal yang Pengguna tentukan melalui pemberitahuan pada perangkat elektronik Pengguna. Untuk dapat menerima pemberitahuan yang Hukumku kirimkan, maka Pengguna harus mengaktifkan pemberitahuan tersebut pada perangkat elektronik Pengguna.

7) Hukumku akan berupaya semaksimal mungkin agar Penyedia Layanan yang terdaftar pada Platform Hukumku dapat memberikan tanggapan atas pertanyaan Pengguna sesegera mungkin. Namun demikian, Hukumku tidak menyarankan Pengguna menggunakan Platform Hukumku untuk kondisi hukum yang membutuhkan penanganan cepat.

8) Layanan Hukumku tidak bersifat memaksa ataupun mengikat. Keputusan untuk menggunakan Layanan Hukumku melalui Platform Hukumku sepenuhnya berada di tangan Pengguna. Platform Hukumku hanya merupakan fasilitator interaksi antara Penyedia Layanan dan Pengguna.

9) Penyedia Layanan yang ikut dan sedang menjalankan program konsultasi hukum online di Hukumku, agar dapat untuk selalu menjalankan kewajibannya dengan baik dan jujur, dengan benar - benar standby di depan perangkat laptop dan/atau personal computernya masing-masing saat akun milik Penyedia Layanan yang mengikuti program konsultasi hukum online di Platform Hukumku dalam keadaan online.

10) Apabila Platform Hukumku menemukan adanya Penyedia Layanan yang ikut dan sedang menjalankan program konsultasi hukum online di Hukumku tidak standby di depan perangkat laptop dan/atau personal computernya, sehingga calon Pengguna Layanan tidak bisa berkonsultasi, maka Platform Hukumku akan memberikan sanksi administrasi baik secara lisan maupun tertulis, dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan sebanyak 3 (tiga) kali, maka Platform Hukumku akan melanjutkan ke proses untuk mengeluarkan Penyedia Layanan tersebut dari Mitra Hukumku dan akan dimasukan ke dalam daftar black list Platform Hukumku.

11) Pengguna memahami bahwa Pengguna perlu memberikan informasi dan menjelaskan permasalahan hukum yang Pengguna alami secara lengkap, jelas dan akurat ketika melakukan percakapan dengan Penyedia Layanan.

12) Penyedia Layanan (Lawyer) dilarang untuk memberikan arahan kepada Pengguna untuk melakukan konsultasi secara offline terkait permasalahan hukum yang Pengguna alami dan apabila Platform Hukumku mengetahui Tindakan tersebut maka Penyedia Layanan dapat dikenakan sanksi pembekuan akun Penyedia Layanannya.


b. Fitur Buat Janji dengan Kantor Hukum/Lawyer/Offline

Melalui Fitur Buat Kantor Hukum/Lawyer/Offline Pengguna dapat melakukan pengaturan janji temu dengan Penyedia Layanan yang terdaftar pada Platform Hukumku. Apabila terjadi perubahan atau pembatalan jadwal dari Penyedia Layanan yang telah dipilih oleh Pengguna, maka Pengguna akan mendapatkan konfirmasi terkait perubahan jadwal tersebut melalui Platform Hukumku.


6.2 LAYANAN KHUSUS


a. Fitur Pembuatan Draft Perjanjian Hukum

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk memformulasikan setiap Perjanjian – Perjanjian Hukum yang Pengguna butuhkan dalam menjalankan kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

b. Fitur Pembuatan Review Perjanjian Hukum

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk melakukan Review/Ulasan setiap Perjanjian – Perjanjian Hukum yang Pengguna ajukan kepada Penyedia Layanan sehingga Penyedia Layanan dapat memberikan sudut pandang dari segi resiko hukum maupun keuntungan sehingga dapat mempermudah dalam menjalankan kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

c. Fitur Pembuatan Review Dokumen

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk melakukan Review/Ulasan terhadap dokumen (bukan perjanjian) yang Pengguna ajukan kepada Penyedia Layanan sehingga Penyedia Layanan dapat memberikan sudut pandang dari segi resiko hukum maupun keuntungan serta penafsiran makna dari dokumen tersebut sehingga dapat mempermudah dalam menjalankan kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

d. Fitur Pembuatan Opini Hukum Tertulis

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk memberikan Opini Hukum secara Tertulis Penyedia Layanan dapat memberikan sudut pandang dari sisi hukum kepada Pengguna atas langkah – langkah hukum yang dapat Pengguna laksanakan maupun pandangan – pandangan hukum untuk meyakinkan Pihak Lain dengan resiko hukum sekecil mungkin sehingga dapat mempermudah dalam menjalankan kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

e. Fitur Pembuatan Draft Surat Kuasa/Surat Kuasa Khusus

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk memformulasikan setiap Tindakan – Tindakan Hukum yang Pengguna kehendaki untuk diberikan kepada Pihak Lain yang Pengguna percaya kedalam sebuah surat secara tertulis agar dapat mempermudah diri Pengguna dalam melakukan suatu perbuatan Hukum yang diwakilkan oleh Pihak Lain sehingga membantu dalam menjalankan kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

f. Fitur Pembuatan Draft Perihal Seluruh Perizinan

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk memformulasikan seluruh surat – surat yang Pengguna butuhkan dalam menjalankan melakukan pendaftaran, perpanjangan dan pengakhiran perizinan yang berlaku di Republik Indonesia sehingga dapat membantu kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

g. Fitur Pembuatan Draft Surat perihal Kepentingan pada Instansi Pemerintah/Instansi Non – Pemerintah/Badan Peradilan Negara/Badan Peradilan Mandiri/Institusi – Institusi Penegak Hukum

Fitur ini memfasilitasi Penyedia Layanan untuk memberikan layanan kepada Pengguna untuk memformulasikan seluruh surat – surat yang Pengguna butuhkan untuk disampaikan kepada Instansi Pemerintah/Instansi Non – Pemerintah/Badan Peradilan Negara/Badan Peradilan Mandiri/Institusi – Institusi Penegak Hukum di Republik Indonesia (Non-Perizinan) sehingga dapat membantu kegiatan bisnis Pengguna maupun kegiatan penunjang keseharian Pengguna.

h. Fitur Seminar Hukum

Hukumku membuka ruang seminar secara online pada platform Hukumku dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap hukum. Seluruh materi muatan yang dihasilkan dalam acara seminar yang termasuk dengan tanya jawab akan dilakukan perekaman dan seluruh materi muatan akan menjadi hak milik dari Hukumku.

i. Fitur Petisi

Hukumku juga menyediakan fitur petisi terhadap suatu kondisi dimana Pengguna dapat membuat dan memberikan petisi terhadap sesuatu hal, apabila Pengguna sebagai Pengguna telah memberikan voting positif/mendukung atas petisi tersebut, maka Identias pribadi Pengguna akan Hukumku masukan dalam perhitungan dan melakukan pengajuan petisi tersebut.



7. TRANSAKSI PENGGUNA


Metode Pembayaran dan Penerimaan atas Pembayaran Layanan Hukumku:


a. Anda dapat memberikan harga layanan jasa hukum kepada Pengguna dengan jumlah yang sesuai Anda kehendaki dengan Pengguna.

b. Setiap nilai harga transaksi yang telah disepakati antara Anda dan Pengguna, Anda harus memberitahukan jenis Layanan yang dipakai dan harga yang disepakati kepada Hukumku.

c. Anda baru dapat menerima pembayaran harga layanan jasa hukum dari Pengguna apabila Hukumku telah memberikan persetujuan atas harga layanan jasa dan jenis layanan jasa apa yang akan digunakan oleh Pengguna.

d. Seluruh pembayaran layanan jasa hukum dari Pengguna Jasa kepada Anda dilakukan dari Pengguna Jasa kepada Platform Hukumku terlebih dahulu yang kemudian akan menjadi nominal jumlah pendapatan Anda.

e. Terdapat Fee untuk Platform Hukumku yang besarannya senilai dari jumlah kesepakatan nominal layanan jasa hukum yang Anda berikan kepada Pengguna Jasa sebesar:

1)Untuk Pengguna Jasa yang bersifat Orang Perseorangan/Pribadi sebesar 20% (dua puluh persen) untuk Platform Hukumku dan kemudian sisa 80% (delapan puluh persen) dari biaya layanan jasa hukum tersebut menjadi pendapatan Anda;

2) Untuk Pengguna Jasa yang bersifat Badan Hukum/Korporasi sebesar 30% (tiga puluh persen) untuk Platform Hukumku dan kemudian sisa 70% (tujuh puluh persen) dari biaya layanan jasa hukum tersebut menjadi pendapatan Anda;

f. Setiap pendapatan anda dalam memberikan layanan jasa hukum kepada Pengguna Jasa dan seluruh nominal jumlah pendapatan pada akun Anda setelah dilakukan pemotongan sebagaimana pada huruf (e) di atas, akan langsung diteruskan kepada Anda.

g. Seluruh bukti – bukti pembayaran di antara Pengguna dan Anda wajib dilaporkan kepada Hukumku.

h. Anda sepakat bahwa Hukumku dapat melakukan penangguhan segala transaksi yang berasal dari akun Pengguna apabila Hukumku menemukan dan/atau mengidentifikasi transaksi yang mencurigakan, indikasi kecurangan atau jenis transaksi yang tidak sah lainnya berdasarkan kebijakan Hukumku yang berlaku.

i. Anda bersama Pengguna memahami dan menyetujui bahwa batas waktu pengajuan keluhan atas transaksi maksimum 7 (tujuh) hari kalender setelah transaksi yang dilakukan Pengguna melalui Platform Hukumku diselesaikan.



8. KETENTUAN TRANSAKSI


  1. Fitur Konsultasi dengan Lawyer

    1. Pengguna akan dikenakan tarif dengan jumlah tertentu untuk dapat menggunakan Fitur Konsultasi dengan Lawyer.

    2. Apabila memerlukan video call maupun voice call dengan Penyedia Layanan, Pengguna perlu menginformasikan terlebih dahulu kepada Penyedia Layanan terkait dan akan tergantung pada ketersediaan masing-masing Penyedia Layanan pada saat dihubungi.

    3. Satu sesi percakapan dengan Penyedia Layanan terhitung mulai dari 30 (tiga puluh) menit sampai dengan 3 (tiga) jam dari sesi percakapan dimulai atau hingga Pengguna atau Pengguna Layanan mengakhiri sesi percakapan.

    4. Saat menghubungi Lawyer melalui percakapan, Pengguna dapat mengirimkan gambar kepada Penyedia Layanan yang berkaitan dengan kondisi permasalahan Pengguna dengan format PNG, JPG, dan Bitmap.

    5. Setelah sesi selesai, Penyedia Layanan dapat memberikan Catatan Lawyer dan Rekomendasi penyelesaian masalah hukum.

    6. Penyedia Layanan (Lawyer) dapat melakukan follow up kepada Pengguna untuk menindaklanjuti nasihat hukum kepada Pengguna setelah dilakukannya sesi.

    7. Transaksi tidak dapat dibatalkan setelah sesi berakhir atau selesai dilakukan.

    8. Hukumku dapat memblokir atau membatalkan akun Pengguna apabila terdapat penyalahgunaan Fitur Chat pada akun Pengguna.

    9. Ketepatan serta keakuratan Penyedia Layanan dalam Rekomendasi Penyelesaian Masalah Hukum akan bergantung pada informasi yang diberikan oleh Pengguna. Setiap isi dan/atau pernyataan-pernyataan dalam percakapan yang dilakukan oleh Pengguna dengan Penyedia Layanan menggunakan fitur video call, voice call, chat, Catatan Lawyer, dan/atau Rekomendasi penyelesaian masalah hukum akan dipantau dan dicatat pada Platform Hukumku.


2. Fitur Buat Janji dengan Kantor Hukum/Lawyer/Offline

a. Dengan menggunakan Fitur Buat Janji Dengan Kantor Hukum/Lawyer/Offline, Pengguna memahami bahwa Pengguna memiliki hak sepenuhnya untuk memilih Penyedia Layanan (Kantor Hukum/Lawyer) yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Pengguna.

b. Perubahan jadwal pertemuan Penyedia Layanan merupakan kebijakan dari Penyedia Layanan (Kantor Hukum/Lawyer) yang bersangkutan. Apabila Pengguna menggunakan Fitur Buat Janji Dengan Kantor Hukum/Lawyer/Offline dan terjadi perubahan jadwal, maka Pengguna akan menerima konfirmasi perubahan jadwal tersebut melalui Platform Hukumku.

c. Pengguna dengan ini setuju bahwa hasil diskusi dari Fitur Buat Janji Dengan Kantor Hukum/Lawyer/Offline akan diunggah oleh Kantor Hukum/Lawyer terkait ke dalam Platform Hukumku yang dapat diakses oleh Pengguna.


3. Fitur lainnya

a. Penggunaan fitur ini diperuntukkan bagi fitur yang ada pada Layanan Khusus yaitu Pembuatan Draft Perjanjian Hukum, Pembuatan Review Perjanjian Hukum, Pembuatan Review Dokumen, Pembuatan Opini Hukum Tertulis, Pembuatan Draft Surat Kuasa/Surat Kuasa Khusus, Pembuatan Draft Perihal Seluruh Perizinan, Pembuatan Draft Surat perihal Kepentingan pada Instansi Pemerintah/Instansi Non – Pemerintah/Badan Peradilan Negara/Badan Peradilan Mandiri/Institusi – Institusi Penegak Hukum.

b. Penyedia Layanan baru akan melaksanakan fitur ini setelah Pengguna terlebih dahulu mengutarakan maksud dan tujuan penggunaan fitur yang disertai dengan seluruh dokumen – dokumen pendukung.

c. Dokumen – dokumen pendukung yang sebagaimana dimaksud pada angka 2 dapat diunggah dalam format PNG, JPG, dan Bitmap.

d. Untuk mempermudah dan memperluas ruang lingkup penggunaan fitur ini, Penyedia Layanan juga dapat berdiskusi dengan Pengguna melalui chat, video call maupun voice call.

e. Hukumku dan Penyedia Layanan tidak bertanggung jawab apabila adanya kekurangan dan ketidaksempurnaan dalam penggunaan fitur ini apabila Pengguna tidak menyampaikan seluruh informasi secara jujur dan lengkap.

f. Setelah fitur ini digunakan dan Penyedia Layanan menyelesaikan apa yang Pengguna minta, Pengguna diberikan hak kepada Penyedia Layanan untuk melakukan perubahan/revisi sebanyak 2 (dua) kali, perubahan/revisi selanjutnya akan dikenakan biaya tambahan yang dapat dibayarkan secara langsung sesuai dengan ketentuan transaksi dalam Syarat dan Ketentuan ini.

g. Seluruh penggunaan fitur ini hanya sebatas draft/rumusan yang penggunaan selanjutnya diserahkan secara penuh kepada Pengguna.

h. Pengguna dengan ini setuju bahwa hasil dari fitur ini akan diunggah oleh Kantor Hukum/Lawyer terkait ke dalam Platform Hukumku yang dapat diakses oleh Pengguna.



9. HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL


  1. Hukumku adalah pemegang hak lisensi atas nama, ikon, dan logo “Hukumku” serta seluruh fitur yang terdapat pada Platform Hukumku, yang mana merupakan hak cipta dan merek dagang yang dilindungi undang-undang Republik Indonesia. Pengguna dilarang untuk menggunakan, memodifikasi, dan/atau memasang nama, ikon, logo, atau merek tersebut tanpa persetujuan tertulis dari Hukumku.

  2. Seluruh hak atas kekayaan intelektual yang terdapat dalam Platform Hukumku berdasarkan hukum negara Republik Indonesia, termasuk dalam hal ini adalah kepemilikan hak kekayaan intelektual atas seluruh source code Platform Hukumku dan hak kekayaan intelektual terkait Platform Hukumku. Untuk itu, Pengguna dilarang untuk melakukan pelanggaran atas hak kekayaan intelektual yang terdapat pada Platform Hukumku ini, termasuk melakukan modifikasi, karya turunan, mengadaptasi, menyalin, menjual, membuat ulang, meretas, menjual, dan/atau mengeksploitasi Platform Hukumku termasuk penggunaan Platform Hukumku atas akses yang tidak sah, meluncurkan program otomatis atau script, atau segala program apapun yang mungkin menghambat operasi dan/atau kinerja Platform Hukumku, atau dengan cara apapun memperbanyak atau menghindari struktur navigasi atau presentasi dari Platform Hukumku atau isinya.

  3. Hukumku dapat mengambil tindakan hukum terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Anda terkait dengan hak kekayaan intelektual terkait Platform Hukumku.



10. KERAHASIAAN INFORMASI


  1. Sebagai pemegang atas seluruh hak atas kekayaan intelektual yang terdapat pada Platform Hukumku, Maka Hukumku dapat melakukan seluruh akses terdapat data – data yang tersimpan dalam Platform Hukumku termasuk seluruh percakapan, gambar, data – data yang bersifat publik maupun pribadi untuk dapat dipergunakan bagi kepentingan arsip dan bersifat rahasia bagi Hukumku.

  2. Seluruh data – data yang kami kuasai sebagaimana dimaksud pada huruf (a) tidak akan dipergunakan untuk keuntungan pribadi Hukumku maupun Pihak Lainnya, namun tidak menutup kemungkinan untuk dapat diakses kepada Pihak yang Berwenang apabila diminta untuk kepentingan penegakan hukum sesuai dengan Ketentuan Peraturan Perundang – Undangan yang berlaku.



11. PEMBERITAHUAN


  1. Semua pemberitahuan atau permintaan kepada Anda akan dianggap sudah diterima oleh Anda apabila:

    1. Pengguna dapat menunjukkan bahwa pemberitahuan tersebut, baik dalam bentuk fisik maupun elektronik, telah dikirimkan kepada Pengguna; atau

    2. Hukumku telah memasang pemberitahuan tersebut di Platform Hukumku yang dapat diakses oleh umum.



12. FUNGSI PLATFORM


Hukumku senantiasa melakukan upaya untuk menjaga Platform Hukumku ini berfungsi dan berjalan lancar. Perlu diketahui bahwa Platform Hukumku dan/atau fitur Layanan Hukumku dapat sewaktu-waktu tidak tersedia yang disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk namun tidak terbatas pada keperluan pemeliharaan atau masalah teknis, dan situasi ini berada di luar kuasa Hukumku.



13. PEMBEKUAN AKUN


Penyedia Layanan tidak akan menggunakan Platform Hukumku pada perangkat atau sistem operasi yang telah dimodifikasi diluar perangkat atau konfigurasi sistem operasi dan konfigurasi Hukumku. Hal ini mencakup perangkat yang telah melalui proses “rooted” atau “jail-broken”. Perangkat rooted atau jail-broken adalah perangkat yang telah dibebaskan dari pembatasan yang dikenakan oleh penyedia layanan perangkat dan yang dimanufaktur tanpa persetujuan penyedia layanan perangkat. Penggunaan Platform Hukumku pada perangkat rooted atau jail-broken dapat mengkompromisasi keamanan dan berujung pada transaksi penipuan.


Hukumku tidak bertanggung jawab atas pengunduhan dan penggunaan Platform Hukumku pada perangkat rooted atau jail-broken dan risiko penggunaan Penyedia Layanan terhadap perangkat rooted atau jail-broken sepenuhnya adalah risiko Penyedia Layanan. Penyedia Layanan mengerti dan setuju bahwa Hukumku tidak bertanggung jawab atas segala kehilangan atau setiap konsekuensi lain yang diderita atau disebabkan oleh Anda sebagai akibat dari penggunaan Platform Hukumku pada perangkat rooted atau jail-broken dan Hukumku mempunyai diskresi untuk menghentikan penggunaan Pengguna terhadap Platform Hukumku pada perangkat rooted atau jail-broken dan memblokir perangkat rooted atau jail-broken untuk menggunakan Platform Hukumku.



14. PENGHAPUSAN AKUN


  1. Anda dapat melakukan penghapusan akun Anda dengan mengakses fitur ‘Hapus Akun’ yang

    tersedia pada Platform Hukumku.

  2. Anda dapat menghapus profil yang dibuat di bawah akun Anda dengan mengakses langsung pada setiap profil yang ingin Anda hapus.

  3. Dalam hal penghapusan profil sebagaimana dimaksud pada angka 2 di atas, tergantung pada alasan penghapusan yang Anda pilih, informasi dan data yang terdapat pada profil yang dihapus akan dihapus secara permanen;

  4. Merujuk pada angka 1 dan 3 di atas, Anda memahami bahwa setelah akun Anda atau profil manapun yang dibuat di bawah akun Anda dihapus, maka akun Anda atau profil manapun yang dibuat di bawah akun Anda (termasuk seluruh riwayat transaksi dan seluruh layanan di dalamnya) akan terhapus selamanya dan tidak dapat dipulihkan kembali oleh Anda karena alasan apa pun.

  5. Akun Anda dapat dibekukan untuk sementara waktu atau dapat dibekukan secara permanen karena hal-hal, termasuk namun tidak terbatas pada, sebagai berikut:

    1. Laporan Anda bahwa akun Anda digunakan atau diduga digunakan atau disalahgunakan oleh orang lain;

    2. Laporan Anda bahwa ponsel atau tablet pribadi Anda hilang, dicuri atau diretas;

    3. Hukumku mengetahui atau mempunyai alasan yang cukup untuk menduga bahwa akun Anda telah dialihkan atau digunakan oleh orang lain;

    4. Hukumku mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa telah terjadi hal- hal yang menurut pandangan Hukumku telah atau dapat merugikan Hukumku, Pengguna, Penyedia Layanan dan/atau pihak lainnya;

    5. Pengguna mengetahui atau dengan alasan yang cukup menduga bahwa Pengguna telah mendaftar atau masuk dalam banyak akun dalam satu perangkat untuk tujuan melanggaran Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi dan/atau hukum yang berlaku di Indonesia;

    6. Sistem Hukumku mendeteksi adanya tindakan yang tidak wajar dari penggunaan akun Anda atau adanya kewajiban berdasarkan Syarat dan Ketentuan, dan/atau Kebijakan Privasi yang tidak dipenuhi oleh Anda;

    7. Pengguna telah meninggal dunia, ditempatkan di bawah perwalian atau pengampuan atau mengalami ketidakmampuan lainnya yang menjadikan Pengguna tidak cakap hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

    8. Penggunaan Platform Hukumku atau Layanan Hukumku oleh Anda atau pihak lain (yang menggunakan akun Anda) dengan cara yang bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku; dan/atau

    9. Perintah untuk pembekuan akun, baik sementara atau permanen, yang diterbitkan oleh institusi pemerintah atau moneter terkait atau berdasarkan perintah pengadilan yang diterbitkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

  6. Jika akun Anda dibekukan dan Anda memiliki bukti yang jelas bahwa akun Anda seharusnya tidak dibekukan, Anda dapat membuat Laporan kepada Hukumku untuk menyampaikan bukti- bukti tersebut. Setelah melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Laporan Anda, Hukumku akan, atas kebijakan Hukumku sepenuhnya, menentukan untuk mengakhiri atau melanjutkan pembekuan terhadap akun Anda. Pembekuan tidak akan diteruskan secara tidak wajar apabila Hukumku memutuskan bahwa hal-hal yang mengakibatkan terjadinya pembekuan telah diselesaikan.

  7. Anda baru hanya dapat melakukan penghapusan atas Akun Anda apabila Anda telah menyelesaikan seluruh tanggung jawab Anda sebagai Penyedia Layanan kepada Pengguna yang dimana pembuktian penyelesaian tanggung jawab tersebut dinyatakan oleh manajemen Platform Hukumku.



15. KOMUNIKASI ELEKTRONIK


Ketika Anda menggunakan Layanan Hukumku, Anda setuju untuk berkomunikasi dengan Hukumku secara elektronik termasuk namun tidak terbatas melalui email, pesan singkat, telepon, media sosial, obrolan langsung, dan/atau pusat pesan. Segala bentuk komunikasi elektronik dapat diberitahukan, diungkapkan, dan digunakan sebagai bukti sebagaimana diatur oleh undang- undang dan peraturan Republik Indonesia yang berlaku tentang komunikasi elektronik.



16. RESIKO


Anda bersedia bertanggung jawab atas seluruh Layanan Hukum yang anda berikan kepada Pengguna, dengan memberikan Layanan Hukum tetap merujuk pada Kode Etik Profesi Advokat yang berlaku.


Selain pengalihan risiko penggunaan layanan, Anda dapat mengajukan keluhan terkait layanan. Selanjutnya, Hukumku akan melakukan investigasi dan pemeriksaan tanggung jawab atas risiko layanan. Semua ketentuan pemeriksaan sampai penyelesaiannya mengacu pada aturan yang berlaku secara internal di Hukumku.



17. KEBIJAKAN DAN PERUBAHAN


Hukumku setiap saat memiliki hak untuk melakukan perubahan pada situs, kebijakan, ketentuan layanan, dan Syarat dan Ketentuan dan selanjutnya dikirimkan kepada Anda di media yang Hukumku sediakan. Semua perubahan, penambahan, penghapusan, modifikasi dan lainnya yang Hukumku lakukan terkait layanan akan secara otomatis berlaku dalam 1x24 jam setelah diunduh dan diumumkan Hukumku.


Harap untuk selalu membaca dan mengetahui pemberitahuan yang Hukumku sampaikan melalui media Hukumku.



18. BAHASA


Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam 2 (dua) bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Dalam hal terjadi perbedaan penafsiran, maka versi bahasa Indonesia dinyatakan berlaku.



19. PERNYATAAN JAMINAN DAN PELEPASAN TANGGUNG JAWAB


Layanan Hukumku dan semua informasi, konten, bahan, Produk (termasuk perangkat lunak) dan layanan lainnya termasuk atau yang tersedia melalui Layanan Hukumku disediakan oleh Hukumku "apa adanya" dan "sebagaimana tersedia", kecuali secara tertulis dinyatakan lain. Hukumku tidak membuat pernyataan atau jaminan dalam bentuk apapun, tersurat maupun tersirat, untuk pengoperasian Layanan Hukumku, atau informasi, konten, bahan, Produk (termasuk software) atau layanan lain termasuk di dalam atau disediakan melalui Layanan Hukumku, kecuali secara tertulis dinyatakan lain. Anda secara tegas menyetujui bahwa pemberian Layanan Hukumku merupakan risiko Anda sendiri.


Selama diizinkan oleh hukum yang berlaku, Hukumku menolak semua jaminan lisan atau tertulis, termasuk namun tidak terbatas pada, jaminan lisan yang dapat diperjualbelikan dan kesesuaian untuk tujuan tertentu. Hukumku tidak menjamin Layanan Hukumku, informasi dan konten (termasuk perangkat lunak) Hukumku atau layanan lainnya termasuk dalam atau tersedia untuk Anda melalui Layanan Hukumku, server Hukumku atau komunikasi elektronik yang dikirim Hukumku bebas dari virus atau komponen berbahaya lainnya. Hukumku tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang timbul karena penggunaan Layanan Hukumku, atau informasi dan konten (termasuk perangkat lunak) atau layanan lain yang termasuk dalam atau tersedia untuk Anda melalui Layanan Hukumku, termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan langsung, tidak langsung, insidental, kausal, atau lainnya kecuali dinyatakan secara tertulis.


Hukumku tidak bertanggung jawab atas kelalaian yang terbukti disebabkan oleh Pengguna Platform Hukumku atau Penyedia Layanan Hukum Platform Hukumku dalam pengelolaan akun Penyedia Layanan Platform Hukumku, yang termasuk namun tidak terbatas pada pemberian kata sandi atau informasi lain apapun terkait dengan akun Penyedia Layanan Platform Hukumku kepada pihak lain manapun berdasarkan alasan apapun, yang menyebabkan Penyedia Layanan Platform Hukumku mengalami kehilangan akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun Penyedia Layanan Platform Hukumku terhadap Platform Hukumku. Tanggung jawab tersebut juga termasuk pada kelalaian, kesengajaan atau kealpaan Penyedia Layanan Platform Hukumku dalam hal terjadinya pemberian setiap informasi terkait akun Penyedia Layanan Platform Hukumku melalui akses tautan pihak ketiga di luar kendali Hukumku.


Dalam hal Penyedia Layanan mengalami kehilangan akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun Penyedia Layanan terhadap Platform Hukumku, maka Penyedia Layanan dapat segera melaporkan kepada Hukumku dan Hukumku dengan upaya terbaiknya akan memberi bantuan dan dukungan untuk mengembalikan akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun Penyedia Layanan yang hilang tersebut. Penyedia Layanan Platform Hukumku memahami dan sepakat bahwa tidak ada jaminan tersirat apapun yang diberikan oleh Hukumku sehubungan dengan keberhasilan bantuan dan dukungan atas usaha pengembalian akses, kendali dan/atau kepemilikan atas akun tersebut. Apabila diperlukan, Penyedia Layanan dapat melaporkan kepada pejabat yang berwenang untuk dapat ditindaklanjuti secara hukum yang berlaku dan akan membebaskan Hukumku dari segala bentuk tuntutan dan ganti rugi yang dialami oleh Penyedia Layanan berdasarkan klausul ini.


Dalam hal terjadi ketidaksesuaian antara Syarat dan Ketentuan dengan ketentuan terkait lainnya yang disediakan oleh Hukumku, sepanjang tentang persyaratan yang sifatnya umum, maka Syarat & Ketentuan ini akan tetap berlaku.



20. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN SENGKETA


  1. Syarat dan Ketentuan ini diatur berdasarkan hukum dan ketentuan Negara Republik Indonesia.

  2. Apabila terjadi perselisihan atau perbedaan pendapat yang disebabkan atau yang timbul sehubungan dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini (untuk selanjutnya disebut “Sengketa”), maka Para Pihak sepakat akan menyelesaikan secara musyawarah untuk mufakat, atau melakukan langkah-langkah damai melalui musyawarah mufakat sejak munculnya Sengketa.

  3. Apabila Sengketa tidak dapat diselesaikan melalui musyawarah mufakat dalam kurun waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak Sengketa diberitahukan oleh salah satu Pihak ke Pihak lainnya, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan Sengketa secara final melalui Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (untuk selanjutnya disebut “PN Jakpus”) sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum acara yang berlaku pada saat itu mengenai prosedur badan peradilan Republik Indonesia.

bottom of page