top of page

Daftar Pertanyaan Tentang Kepailitan Beserta Jawabannya


Cari tahu jawaban atas pertanyaan umum tentang kepailitan, termasuk hak kreditur, pengelolaan harta, dan peluang bisnis pasca-kepailitan

Kepailitan adalah proses hukum yang melibatkan kegagalan finansial suatu entitas untuk memenuhi kewajiban keuangannya. Singkatnya, kepailitan juga bisa dipahami sebagai kebangkrutan. Bagi sebagian orang, hukum kepailitan terasa agak kompleks sehingga banyak pertanyaan tentang kepailitan yang muncul. 


Dalam artikel kali ini, kami akan menyajikan daftar pertanyaan umum tentang kepailitan beserta jawabannya yang bisa membuat Anda lebih paham tentang kepailitan. Mari simak bersama-sama. 


Tindakan Kreditur Jika Permohonan Pailit Ditolak


Dalam proses kepailitan, dikenal istilah kreditur dan debitur. Kreditur merupakan orang perseorangan atau badan usaha yang memberikan kredit, sedangkan debitur adalah pihak yang berhutang kepada kreditur. Lalu, jika berbicara tentang kepailitan, debitur bisa diartikan sebagai pihak yang dinyatakan pailit dan terlibat dalam proses kepailitan.


Kadang kala, pengajuan kepailitan mengalami penolakan. Sebagai kreditur, beberapa tindakan yang bisa dilakukan kreditur jika permohonan pailit ditolak adalah mengajukan upaya hukum kasasi dan upaya hukum peninjauan kembali sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang diatur dalam UU KPKPU. 


Selain itu, dalam perkara PKPU, tindakan yang bisa dilakukan adalah dengan mengajukan permohonan PKPU kembali. 


Bagaimana kedudukan sisa harta pailit setelah semua hutang terbayarkan?


Pertanyaan tentang kepailitan selanjutnya adalah bagaimana kedudukan sisa harta pailit setelah semua hutang terbayarkan. Jadi, setelah semua hutang terbayarkan dalam proses kepailitan, sisa harta pailit, jika ada, akan ditentukan oleh peraturan kepailitan yang berlaku di yurisdiksi yang bersangkutan. Umumnya, ada beberapa skenario yang mungkin terjadi terkait dengan sisa harta pailit:


1. Distribusi kepada Kreditur


Jika setelah semua hutang terbayarkan masih ada sisa harta, sisa tersebut biasanya akan didistribusikan kepada kreditur sesuai dengan prioritas yang diatur oleh hukum kepailitan. Kreditur yang memiliki klaim yang diutamakan mungkin akan dibayar terlebih dahulu sebelum kreditur lainnya.


2. Pembayaran Biaya dan Biaya Administrasi 


Sebagian atau seluruh sisa harta pailit mungkin akan digunakan untuk membayar biaya dan biaya administrasi yang terkait dengan proses kepailitan, seperti biaya pengadilan, biaya administrator kepailitan, atau biaya pengacara.


3. Pendistribusian Kepada Pihak yang Berhak


Jika tidak ada kreditur yang tersisa atau semua hutang terbayarkan, sisa harta pailit mungkin akan didistribusikan kepada pihak yang berhak menerimanya sesuai dengan hukum atau perjanjian yang berlaku, seperti pemegang saham dalam kasus kepailitan perusahaan.


4. Penyitaan oleh Pemerintah


Dalam beberapa kasus, jika tidak ada pihak yang memiliki hak atas sisa harta pailit atau jika sisa tersebut tidak cukup signifikan, harta tersebut mungkin akan disita oleh pemerintah atau diarahkan untuk kepentingan umum.


Apakah perusahaan yang sudah pailit dapat menjalankan kegiatan usaha nya lagi?


Perusahaan yang sudah pailit dalam beberapa kasus dapat menjalankan kembali kegiatan usahanya setelah proses restrukturisasi atau likuidasi. Namun, kemungkinan ini tergantung pada jenis kepailitan yang dialami perusahaan (misalnya, Chapter 11 atau Chapter 7 di AS), kondisi pasar, reputasi perusahaan, ketaatan pada persyaratan hukum dan keuangan, serta kemampuan manajemen untuk memulihkan kinerja keuangan dan kepercayaan pelanggan.


Apakah pailit dan bangkrut adalah hal yang sama?


Jika dilihat dari makna katanya, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pailit dan bangkrut memiliki makna yang sama. Bangkrut bermakna menderita kerugian besar hingga jatuh (tentang perusahaan, toko, dan sebagainya). Sementara itu, pailit bermakna jatuh (tentang perusahaan dan sebagainya) dan merupakan sinonim dari bangkrut. 


Apabila terjadi pailit apakah harta pribadinya ikut disita?


Pertanyaan tentang kepailitan selanjutnya adalah bagaimana status harta pribadi dalam kepailitan. Harta pribadi pemilik perusahaan biasanya tidak langsung disita dalam proses kepailitan perusahaan. Namun, jika pemilik memberikan jaminan pribadi untuk utang perusahaan atau terlibat dalam kecurangan, harta pribadi mereka dapat terpengaruh. Dalam situasi kepailitan pribadi terpisah, harta pribadi dapat digunakan untuk membayar utang pribadi.


Siapa saja yang berhak mengajukan permohonan pailit?


Dikutip dari website Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Permohonan pernyataan pailit diajukan ke Pengadilan Niaga dan yang berhak mengajukannya antara lain adalah Kreditur, Debitur, Bank Indonesia, Menteri Keuangan, Badan Pengawas Pasar Modal dan Jaksa demi kepentingan umum. 


Akan tetapi, umumnya permohonan pailit diajukan oleh debitur yang berhutang, tetapi dalam beberapa kasus, kreditur juga dapat mengajukan permohonan pailit terhadap debitur jika debitur gagal membayar utangnya.


Setelah pengajuan permohonan pailit diterima pengadilan, permohonan akan diproses melalui sidang pemeriksaan dan hasil putusan akan dibacakan selambat-lambatnya 60 hari setelah tanggal permohonan diajukan. 


Konsultasi masalah kepailitan lewat Hukumku


Kepailitan adalah situasi yang sulit dan kompleks, tetapi pemahaman yang baik tentang pertanyaan tentang kepailitan dapat membantu individu dan perusahaan mengatasi tantangan finansial mereka dengan lebih baik. Untuk menghadapi dan memahami pertanyaan tentang kepailitan, Anda bisa mencoba mencari bantuan profesional dari pengacara kepailitan atau konsultan keuangan untuk mendapatkan nasihat yang tepat sesuai dengan situasi masing-masing.


Salah satu layanan hukum terpercaya yang bisa membantu Anda berkonsultasi masalah kepailitan adalah Hukumku. Dengan menggunakan platform seperti Hukumku, Anda dapat dengan mudah mengakses layanan konsultasi hukum secara daring dari berbagai pengacara terpercaya yang memiliki keahlian dalam bidang kepailitan. 


Hukumku menawarkan kemudahan dalam menemukan pengacara yang sesuai dengan kebutuhan Anda, memungkinkan Anda untuk memilih dari berbagai opsi yang tersedia, dan menjadwalkan konsultasi secara real time sehingga Anda bisa berkonsultasi kapan saja dan dimana saja. 


Ayo download Hukumku dan mulai berkonsultasi dengan mudah sekarang juga!

Comments


bottom of page