top of page

Panduan Lengkap Membuat PT Perorangan: Prosedur, Keuntungan, dan Biaya


Pelajari cara membuat PT perorangan, keuntungan yang didapat, dan estimasi biaya pendirian PT perorangan dalam panduan lengkap ini.

Mendirikan PT perorangan adalah langkah penting bagi banyak pengusaha di Indonesia yang ingin menjalankan bisnis dengan struktur yang lebih formal dan legal. 


Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendetail tentang bagaimana cara membuat PT perorangan, keuntungan yang bisa didapatkan, dan biaya yang diperlukan. Dengan panduan ini, Anda akan mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang proses pendirian PT perorangan.


Bagaimana Cara Membuat PT Perorangan?


Dalam Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil, disebutkan beberapa syarat dan cara mendirikan PT Perorangan. 


Syarat mendirikan PT Perorangan adalah sebagai berikut. 


  1. Perseroan perorangan didirikan oleh Warga Negara Indonesia dengan mengisi Pernyataan Pendirian dalam bahasa Indonesia.

  2. Warga Negara Indonesia harus memenuhi persyaratan:

    1. berusia paling rendah 17 (tujuh belas) tahun; dan

    2. cakap hukum.

  3. Perseroan perorangan memperoleh status badan hukum setelah didaftarkan kepada Menteri dan mendapatkan sertifikat pendaftaran secara elektronik.

  4. Perseroan perorangan yang telah memperoleh status badan hukum diumumkan oleh Menteri dalam laman resmi direktorat jenderal yang menyelenggarakan tugas dan fungsi di bidang administrasi hukum umum.


Selain syarat tersebut, dalam Pasal 109 angka 3 UU Cipta Kerja juga disebutkan adanya syarat modal dasar yang dimiliki PT Perorangan dengan besaran yang ditentukan oleh pemilik PT dan disetor minimal 25%, dibuktikan dengan bukti penyetoran yang sah.


Kemudian, untuk cara mendirikan PT Perorangan telah dijelaskan dalam Pasal 7 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil sebagai berikut. 


(1) Pernyataan Pendirian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (1) didaftarkan secara elektronik kepada Menteri dengan mengisi format isian.


(2) Format isian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat:


  1. nama dan tempat kedudukan Perseroan perorangan;

  2. jangka waktu berdirinya Perseroan perorangan;

  3. maksud dan tujuan serta kegiatan usaha Perseroan perorangan;

  4. jumlah modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor;

  5. nilai nominal dan jumlah saham;

  6. alamat Perseroan perorangan; dan

  7. nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, nomor induk kependudukan, dan nomor pokok wajib pajak dari pendiri sekaligus direktur dan pemegang saham Perseroan perorangan.


(3) Format isian Pernyataan Pendirian sebagaimana dimaksud pada ayat (21 tercantum dalam Lampiran I yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Pemerintah ini.


Adapun, prosedur pendaftaran PT Perorangan bisa dilakukan melalui https://ahu.go.id/ dan memilih kolom “AHU Perseroan Perorangan”. Nantinya, Anda tinggal mengisi data-data yang dibutuhkan dan melakukan pembayaran untuk mengunduh pernyataan pendirian PT Perorangan Anda. 


Apa Keuntungan Membuat PT Perorangan?


Mendirikan PT perorangan memberikan berbagai keuntungan, di antaranya:


1. Legalitas dan Kredibilitas


Dengan memiliki status badan hukum yang sah, PT perorangan memberikan kepercayaan lebih kepada klien, mitra bisnis, dan lembaga keuangan. Ini meningkatkan kredibilitas perusahaan di mata publik dan memudahkan dalam menjalin kerjasama bisnis.


2. Pemisahan Harta Pribadi dan Perusahaan


Pemilik PT perorangan dapat memisahkan aset pribadi dengan aset perusahaan. Ini berarti jika terjadi masalah hukum atau utang perusahaan, aset pribadi pemilik tidak akan terganggu.


3. Kemudahan dalam Mendapatkan Modal


PT perorangan lebih mudah mendapatkan pembiayaan dari bank atau investor karena memiliki struktur dan manajemen yang lebih jelas dan teratur.


4. Tanggung Jawab Terbatas


Pemilik PT perorangan hanya bertanggung jawab sebatas modal yang disetor ke dalam perusahaan. Ini mengurangi risiko kerugian pribadi jika perusahaan menghadapi masalah finansial atau hukum.


5. Kesinambungan Usaha


PT perorangan memiliki sifat yang lebih stabil dan berkesinambungan karena perubahan pemilik atau direksi tidak mempengaruhi keberlangsungan perusahaan. Hal ini memungkinkan perencanaan jangka panjang dan kesinambungan usaha yang lebih baik.


6. Fasilitas Perpajakan


PT perorangan dapat menikmati tarif pajak yang lebih rendah dan berbagai fasilitas perpajakan lainnya yang tidak tersedia bagi bisnis perseorangan. Ini memungkinkan perencanaan pajak yang lebih efektif dan efisien.


Berapa Biaya Pembuatan PT Perorangan?


Berbeda dengan pendirian PT Badan, biaya pembuatan PT Perorangan relatif lebih kecil. Adapun, biaya yang dikenakan dalam pembuatan PT Peroangan cukup bervariasi. Harga pembuatan PT Perorangan sendiri bisa gratis jika Anda mengurus seluruh prosedurnya secara mandiri tanpa mengajak pihak lain. 


Biaya-biaya lain yang dikeluarkan dalam pembuatan PT Perorangan meliputi: 


  • Biaya notaris

  • Biaya pendaftaran SK Pengesahan

  • Biaya NIB dan Izin Usaha

  • Biaya konsultasi jasa hukum


Jika Anda menggunakan bantuan jasa Pembuatan PT Perorangan, biaya dikenakan cukup bervariasi, sekitar Rp800.000–Rp1.500.000. 


Konsultasikan Pembuatan PT Perorangan Anda dengan Hukumku


Mendirikan PT perorangan memang memerlukan beberapa prosedur dan biaya, namun keuntungan yang diperoleh sangatlah sepadan. Untuk memastikan semua langkah berjalan lancar dan sesuai dengan regulasi, Anda dapat berkonsultasi dengan Hukumku, platform konsultasi hukum terpercaya. 


Hukumku menyediakan layanan lengkap mulai dari konsultasi, pembuatan dokumen, hingga pengurusan izin usaha, membantu Anda mendirikan PT perorangan dengan mudah dan aman. Jangan ragu untuk menghubungi Hukumku dan mulailah langkah pertama menuju bisnis yang lebih profesional dan kredibel.





Comments


bottom of page